www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggara Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kursi dari Polisi untuk sekolah di NTT yang dibangun pemulung

Posted by On 22.06

Kursi dari Polisi untuk sekolah di NTT yang dibangun pemulung

Merdeka > Peristiwa Kursi dari Polisi untuk sekolah di NTT yang dibangun pemulung Rabu, 2 Mei 2018 23:03 Reporter : Ananias Petrus Polisi NTT sumbang kursi untuk sekolahan. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kisah inspiratif datang dari Nusa Tenggara Timur. Bertepatan dengan hari pendidikan nasional yang jatuh 2 Mei 2018. Ikatan Keluarga Besar Dikmaba PK Polri Angkatan 199 8/1999 (SDSS) Nusa Tenggara Timur memberikan bantuan sarana dan prasarana berupa kursi untuk SMP Surya Mandala Kupang.

BERITA TERKAIT
  • Hardiknas, siswa SD di Malang masuk universitas
  • Indonesia Mengajar, sebarkan pentingnya pendidikan di daerah terpencil
  • Dua mahasiswa diamankan polisi saat demo Hardiknas di Makassar

Sebanyak 40 kursi dikumpulkan secara sukarela oleh para anggota SDSS. Lalu diserahkan secara simbolis kepada kepala sekolah dan murid untuk menggantikan kursi lama, yang digunakan sejak sekolah itu didirikan tahun 2012 silam.

Anggota SSDS Angkatan 98/99 Polri Ipda Salfidus Sutu mengatakan,tanggung jawab pendidikan bukan terletak di pundak para guru, maupun pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Namun semua orang harus turut mengambil bagian. Sehingga kondisi pendidikan di Indonesia khususnya NTT semakin lebih baik.

"Kita semua yang mengenyam pendidikan harus turut ambil bagian dal am meningkatkan pendidikan di Indonesia khususnya NTT," kata Salfidus di Kupang, Rabu (2/5).

Ham Taopan, salah satu siswa yang menerima bingkisan dari SSDS mengaku sangat senang. Karena selama ini kursi yang mereka pakai sudah rusak. Bahkan karena kekurangan, satu kursi bisa dipakai duduk oleh tiga orang siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.

"Senang sekali bisa bisa membantu kami sehingga kami bisa duduk untuk pakai belajar. Dulu kami rasa terganggu dan tidak nyaman, kami biasa duduk tiga orang, sehingga dengan adanya kursi baru ini, belajar lebih baik dan lebih nyaman," ungkap Ham dengan wajah sumringah.

SMP Surya Mandala merupakan sebuah sekolah di Kota Kupang yang menampung anak-anak tidak mampu dalam hal ekonomi. Maupun siswa yang putus sekolah. Di sekolah ini, orang tua siswa tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Kepala sekolah Bendelina Mata bersyukur karena doanya selama ini terkabul. Menurutnya, jangankan kursi g aji para guru pun hanya dibayarkan seadanya menggunakan dana Bos, walau demikian guru yang mengajar di sekolah ini tetap semangat menjalankan tugas mereka.

"Kalau sarana prasarana di sini mulai dari gedung, gedung ini masih kontrak. Kita masih kontrak jadi mudah mudahan tahun ajaran baru ini kalau tidak ada tantangan, kita bisa pindah ke gedung yang baru. Kalau yang kita rasakan hari ini, dengan kita bisa menerima bantuan kursi dari pihak kepolisian angkatan 98/99 itu, kita sangat bahagia sekali. Karena memang yang kita doakan selama ini adalah bantuan meja kursi, karena itu yang sangat kekurangan untuk kami," ujar Bendelina.

Para guru mengabdi secara sukarela atau menerima honor seadanya. Sebab dana BOS dibagi dua dengan uang sewa gedung dan kebutuhan sekolah lainnya.

Sekolah ini didirikan oleh seorang pemulung bernama Yoseph Orem Blikololong, dengan tujuan bisa menghimpun anak-anak yang tidak mampu menempuh pendidikan lanjutan karena ekonomi, maup un yang putus sekolah karena berbagai hal. [noe]

Baca Juga:
Hari Pendidikan, ratusan murid TK-SMA diajar mengenal perbankanHadapi Revolusi Industri 4.0, Mendikbud akan rancang ulang kurikulumMenko PMK harap pendidikan anak Indonesia semakin baikBad news is good news, Mendikbud ingatkan jajarannya legowo terima kritikPeringati Hardiknas, Mendikbud ajak guru ikuti perkembangan zamanBangunan sekolah tak layak, siswa SD di Serang surati Gubernur Banten
Topik berita Terkait:
  1. Hari Pendidikan Nasion al
  2. Pendidikan Indonesia
  3. Kupang
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • DPT dan wajib e-KTP selisih ratusan ribu, KPU takkan tambah surat suara

  • Debat kedua Pilgub Jateng besok digelar di Sukoharjo

  • Gus Ipul ajak Muhammadiyah bersama majukan pendidikan di Jawa Timur

Rekomendasi

Sumber: Google News | Berita 24 NTT

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »