www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggara Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran ...

Posted by On 18.13

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran ...

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran Kepulauanvideo.quipper.com

Spesifikasi jurusan kedokteran kepulauan disesuaikan dengan karakteristik geografis daerah terkait yang terdiri dari pulau besar dan banyak pulau kecil. Penyakit-penyakit yang timbul di kawasan Indonesia Timur memang terbilang lebih spesifik berdasarkan kondisi kawasan bersangkutan.

Misalnya saja penyakit yang kerap muncul akibat penyelaman di wilayah pesisir atau gili-gili. Apalagi daerah tersebut juga merupakan destinasi pariwisata secara nasional dan internasional sehingga langkah antisipatif tampaknya memang perlu digalakan.

Hal ini pula tampaknya menjadi cikal bakal dari didirikannya deretan program studi Pendidikan Dokter yang menyedia kan ilmu lebih komprehensif di bidang kedokteran kepulauan (atau kelautan) yang tersebar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri dari kawasan Indonesia Timur tersebut. Ilmu tersebut juga akan lebih aplikatif lantaran memang daerahnya yang terdiri dari pulau-pulau.

Yuk, simak di provinsi mana sajakah itu?

1. Universitas Nusa Cendana di Provinsi Nusa Tenggara Timur

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran Kepulauanundana.ac.id

Universitas Nusa Cendana di Kopertis VIII ini mengantongi akreditasi C untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 486/SK/BAN-PT/Akred/PD/XII/2014 yang berlaku sejak 2014 hingga 28 Desember 2019. Sedangkan untuk institusinya adalah B dengan nomor SK yaitu 306/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2014 yang berlaku mulai 2014 hingga 30 Agustus 2019.

Sangat minimnya jumlah tenaga medis d an akses informasi dari masyarakat tentang kesehatan hingga menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB) di NTT seperti busung lapar, diare dan malaria lantas menjadi cikal bakal didirikannya program studi Pendidikan Dokter sebagai langkah strategik antisipasi.

Selain itu, Universitas Nusa Cendana juga memiliki misi untuk menyelenggarakan penelitian di bidang iptekdokes (ilmu pengetahuan teknologi kedokteran dan kesehatan) dengan keunggulan pada kedokteran semiringkai (daerah kepulauan dan semi-kering sesuai khas daerah di NTT).

2. Universitas Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran Kepulauanwikipedia.com

Universitas Mataram di Kopertis VIII ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 0481/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2017 yang berlaku sejak 2017 hingga 25 Agustus 2022. Sedangkan untuk institusinya adalah B dengan nomor SK yaitu 017/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014 yang berlaku mulai 2014 hingga 16 Januari 2019.

Program studi Pendidikan Dokter di Universitas Mataram ini memiliki misi untuk menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran yang berkualitas dan beretika dengan kekhasan pada penanganan masalah kesehatan berbasis kedokteran kepulauan serta visinya yaitu menghasilkan lulusan dokter sesuai standar kompetensi dokter Indonesia dan unggul dalam kedokteran kepulauan, dan mampu berperan aktif dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran yang berdaya saing internasional tahun 2025.

EDITORS' PICKS

  1. Untuk Pasangan Menikah, Lakukan 8 Hal Kecil Ini Biar Makin Bahagia
  2. Pintar Negosiasi, 5 Zodiak Ini Punya Jiwa Enterpreneur Tinggi

3. Universitas Halu Oleo di Sulawesi Tenggara

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran Kepulauanvideo.quipper.com

Universitas Halu Oleo di Kopertis IX ini mengantongi akreditasi B untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 0413/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2017 yang berlaku sejak 2017 hingga 28 Juli 2022. Sedangkan untuk institusinya adalah B dengan nomor SK yaitu 803/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2015 yang berlaku mulai 2015 hingga 7 Agustus 2020.

Misi dari program studi Pendidikan Dokter di Universitas Halu Oleo ini adalah menyelenggarakan pendidikan dokter yang memenuhi standar mutu Nasional dengan memanfaatkan segala sumber daya lokal terutama pangan hayati laut secara optimal serta mengembangkan potensi sumber pangan hayati laut yang bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

4. Universitas Sam Ratulangi di Provinsi Sulawesi Utara

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran Kepulauanvideo.quipper.com

Universitas Sam Ratulangi di Kopertis IX ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 0144/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2017 yang berlaku sejak 2017 hingga 31 Maret 2022. Sedangkan untuk institusinya adalah B dengan nomor SK yaitu 022/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014 yang berlaku mulai 2014 hingga 16 Januari 2019.

Visi dari program studi Pendidikan Dokter di Universitas Sam Ratulangi ini yaitu menjadikan program studi tersebut sebagai unggulan (Excellent Study Program) di tahun 2019 pada level internasional terutama dalam bidang kedokteran pariwisata yang meliputi Traveler disease, Kedokteran kelautan dan hiperbarik, dan Penyakit tropik (Tropical disease).

5. Universitas Pattimura di Provin si Maluku

5 Universitas di Indonesia Timur Ini Punya Studi Kedokteran Kepulauantribun-maluku.com

Universitas Pattimura di Kopertis XII ini mengantongi akreditasi B untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 0479/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2017 yang berlaku sejak 2017 hingga 25 Agustus 2022. Sedangkan untuk institusinya adalah B dengan nomor SK yaitu 3152/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 yang berlaku mulai 2016 hingga 27 Desember 2021.

Visi dari Fakultas Kedokteran di Universitas Pattimura ini yaitu sebagai pusat pengembangan Pendidikan Dokter yang berorientasi lingkungan laut pulau pada tahun 2020. Kemudian misinya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang optimal pada masyarakat laut pulau, meningkatkan produk yang bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada lingkungan laut p ulau, hingga memanfaatkan potensi sumber daya alam lingkungan laut pulau sebagai objek penelitian yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Tuh, berminat mendalami ilmu di bidang kedokteran kepulauan lengkap dengan sarana dan prasarana implementasinya langsung? Ayo, semangat membangun negeri dan semoga kawasan Indonesia Timur semakin maju ya!

Sumber: Google News | Berita 24 NTT

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »