www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggara Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ada 2 Bibit Siklon Baru yang Muncul Selain Dahlia, Seperti Apa?

Posted by On 14.48

Ada 2 Bibit Siklon Baru yang Muncul Selain Dahlia, Seperti Apa?

Jumat 01 Desember 2017, 20:16 WIB Ada 2 Bibit Siklon Baru yang Muncul Selain Dahlia, Seperti Apa? Ristu Hanafi - detikNews Ada 2 Bibit Siklon Baru yang Muncul Selain Dahlia, Seperti Apa?Layar monitor Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta menunjukkan citra satelit pergerakan siklon tropis Dahlia. Foto: Ristu Hanafi Sleman - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merekam munculnya 2 bibit siklon tropis baru selain siklon tropis Dahlia. Di mana posisinya?
"Ada 2 bibit siklon tropis yang terekam Stasiun Klimatologi, yakni bibit siklon tropis 93W dan 97S," kata Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnaw ati, kepada wartawan di kantor BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Jumat (1/12/2017).
Dijelaskannya, bibit siklon tropis 93W terpantau di Laut Andaman sebelah utara Aceh, dengan kecepatan angin maksimum 56 km/jam. Bibit siklon tropis ini bergerak ke arah timur menjauhi Indonesia dan intensitasnya diperkirakan stabil.
Dampak dari bibit 93W ini berupa hujan intensitas sedang-lebat di wilayah Aceh bagian utara, angin kencang lebih dari 37 km/jam di Aceh dan selat Malaka bagian utara, gelombang mencapai 4 meter di perairan Lhokseumawe, perairan Sabang, dan perairan utara dan barat Aceh. Lalu gelombang 4-6 meter di selat Malaka bagian utara.
Kemudian untuk bibit siklon tropis 97S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur, dengan kecepatan angin maksimum 28 km/jam. Bibit siklon ini bergerak ke arah barat daya menjauhi Indonesia. Diperkirakan bibit 97S akan mengalami peningkatan intensitas dalam 24 jam ke depan.
Dampak dari bibit siklon tropis 97S berupa hujan intensitas sedang-lebat di Nusa Tenggara Timur, gelombang hingga 4 meter di perairan barat Lampung, selat Bali, selat Lombok, selat Alas bagian selatan, selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa Timur hingga lombok.
"Tapi berdasarkan perkiraan dan pemantauan BMKG, dua bibit siklon tropis 93W dan 97S bergerak menjauh dari wilayah Indonesia dan menuju arah perairan Australia," jelas Dwikorita.
Meski demikian, BMKG tetap mengimbau masyarakat agar waspada. Terutama daerah yang berpotensi terdampak.
"Sebetulnya seluruh wilayah Indonesia kita imbau waspada karena sekarang juga masuk musim penghujan dan beberapa wilayah terjadi cuaca ekstrem," imbuhnya.
(sip/sip)Sumber: Google News | Berita 24 NTT

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »