www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggara Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pola Peternakan Jenis Ini Sebenarnya Hampat Program IB di Sumtim

Posted by On 03.10

Pola Peternakan Jenis Ini Sebenarnya Hampat Program IB di Sumtim

Pola Peternakan Jenis Ini Sebenarnya Hampat Program IB di Sumtim

Ini salah satu faktor yang menghambat mengapa program inseminasi buatan di Sumba Timur berjalan normal

Pola Peternakan Jenis Ini Sebenarnya Hampat Program IB di Sumtimpos kupang/Robert RopoYohanis Radamuri

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur (Sumtim) melalui dinas Peternakan kabupaten setempat pada tahun 2017 ini menargetkan 800 ekor sapi yang dilakukan perkawinan dengan sistem Inseminasi Buatan (IB).

Kepala dinas Peternakan kabupaten Sumba Timur, Yohanis Radamuri menyampaikan hal itu ketika ditemui Pos Kupang d i ruang kerjanya, Senin (30/10/2017).

Rada Muri mengatakan, ditargetkan pihaknya pada tahun 2017 untuk melakukan IB untuk 800 ekor sapi tersebut dalam rangka pembangunan peternakan di kabupaten Sumba Timur pada tahun 2017 dan 2018 secara fokus untuk meningkatkan produksi dan produktifitas terutama dari sisi penambahan populasi.

Radamuri menjelaskan, untuk meningkatkan produksi dan produktifitas terutama dari sisi penambahan populasi tersebut untuk mendukung program nasional yaitu upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) melalui program IB.

Selain itu, penanganan gangguan reproduksi (Ganrep) dan pengimbangan hijauan pakan ternak.

Radamuri menjelaskan, sampai dengan saat ini target sebanyak 800 ekor sapi betina yang akan dilakukan dengan IB baru terealisasi sebanyak 200 ekor sapi.

Menurut Radamuri, sampai dengan saat ini belum tercapai target tersebut karena ada terkendala dari berbagai hal seperti pemeliharaan ternak sapi oleh masyaraka t peternak masih banyak menggunakan sistem tradisional.

"Sehingga selama ini sasaran IB nya dari sapi yang di kandangkan pada malam hari," ungkapnya. (*)

Penulis: Robert Ropo Editor: marsel_ali Sumber: Pos Belitung Ikuti kami di Mengaku Tolak Undangan Presiden Jokowi dan Menteri, Ustaz Abdul Somad Malah Banjir Pujian Sumber: Tribun Kupang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »