www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggara Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kasus Puluhan TKI Ilegal Asal Sikka di Kutai Barat, Ibarat Jeruk Makan Jeruk

Posted by On 04.40

Kasus Puluhan TKI Ilegal Asal Sikka di Kutai Barat, Ibarat Jeruk Makan Jeruk

Kasus Puluhan TKI Ilegal Asal Sikka di Kutai Barat, Ibarat Jeruk Makan Jeruk

Inilah nasib dari TKI ilegal asal Kabupaten Sikka yang diduga dikibuli oleh orangnya sendiri

Kasus Puluhan TKI Ilegal Asal Sikka di Kutai Barat, Ibarat Jeruk Makan JerukKompas.comIlustrasi: 16 TKI Ilegal yang hendak diselundupkan ke Malaysia diamankan polisi

Laporan wartawan Pos Kupang, Eginius Moa

POS KUPANG.COM, MAUMERE - Nasib 62 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Kabupaten Sikka mendapat perlakuan tidak manusia dari oknum calo TKI di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Propinsi Kalimantan Timur, dibahas Serikat Buruh Indonesis (SBI) Kubar bersama pemerintah dan DPRD setempat.

SBI akan membeberkan delapan masalah diderita TKI. Kasus menimpa 62 TKI ini, hanya bagian terkecil dari nasib 700-800 TKI ilegal mencari peruntungan di Kubar

"Sudah diagendakan pertemuan pemerintah kabupaten, DPRD dan SBI Kubar hari ini (Kamis, 12/10/2017). Kami akan sampaikan perlakukan tidak adil yang diterima TKI," ujar Wakil Ketua SBI Kubar, Elias Sengsara, kepada Pos Kupang, dihubungi dari Maumere Rabu (11/10/2017).

Elias mengatakan, sekitar 700-800 TKI asal Sikka mencari nafkah di Kubar dan Kabupaten Mahulu, wilayah pemekaran dari Kubar.

Dominan sekitar 90-an persen merupakan TKI ilegal berkarya di perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Umumnya TKI ilegal ini datang sendiri-sendiri atau berkelompok dengan calo atau kontraktor, sebutan perekrut tenaga kerja yang membawa TKI ilegal. Setibanya di Kubar, mereka dimasukkan ke perusahaan kelapa sawit.

"Banyak sekali orang kita (Sikka) jadi TKI ilegal di sana. M ereka berangkat degan modal percaya diri dan percaya dengan perekrut TKI ternyata jadi masalah," kata Elias.

Elias mengatakan empat tahun yang lalu ketika muncul kasus 19 TKI ilegal asal Sikka di Kubar, Pemkab Sikka mengirim tim utusan kepada Kubar.

TKI yang bermasalah dibuat dokumen-dokumen ketenagakerjaan yang diperlukan sehingga statusnya menjadi legal.

Halaman selanjutnya 123
Penulis: Eugenis Moa Editor: marsel_ali Sumber: Pos Kupang Ikuti kami di Heboh Video Penampakan Makhluk Misterius Mirip Putri Duyung, Saksi Mata sampai Gemetar saat Merekam Sumber: Tribun Kupang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »