www.AlvinAdam.com

Berita 24 Nusa Tenggara Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gempa Bumi 5,4 SR Guncang Waingapu dan Bima

Posted by On 21.24

Gempa Bumi 5,4 SR Guncang Waingapu dan Bima

Gempa Bumi 5,4 SR Guncang Waingapu dan Bima

Gempa berlokasi di laut pada jarak 18 Km arah tenggara Kota Rupe, Kabupaten Bima, dengan kedalaman 133 Km.

Gempa Bumi 5,4 SR Guncang Waingapu dan BimaistimewaPeta gempa bumi yang terjadi Selasa (31/10/2017).

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Gempa bumi berkekuatan 5,4 Skala Richter menguncang wilayah Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan wilayah Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (31/10/2017) pukul 05.37 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Drs. Moch. Riyadi, M.Si menjelaskan gempa jenis tektonik tersebut dengan episenter terletak pad a koordinat 8,88 Lintang Selatan (LS) dan 118,98 Bujur Timur (BT).

Menurut Riyadi, gempa berlokasi di laut pada jarak 18 Km arah tenggara Kota Rupe, Kabupaten Bima, dengan kedalaman 133 Km.

Baca: Ingat! Hari Ini Dimulai Registrasi Kartu SIM Prabayar

"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi tersebut dirasakan di Ruteng, Labuan Bajo, dan Tambolaka II SIG-BMKG (III-IV MMI), Bima, Waingapu II SIG-BMKG (III MMI), Nusa Dua I SIG-BMKG (II-III MMI), Gianyar I SIG-BMKG (II MMI). Hal ini sesuai dengan Peta tingkat guncangan gempabumi (Shakemap)," sebut Riyadi sebagaimana dikutip dari grup WhatsApp BMKG.

Dikatakan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu aktivitas sesar naik (Thrust Fault).

Baca: Hari Ini Hujan B erpotensi Terjadi di Ruteng dan Lewoleba

Dikatakan, hingga Selasa pukul 06:10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Masyarakat di wilayah Bima, Waingapu, Mataram dan Denpasar dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," ujar Riyadi.(*)

Penulis: Maria Enotoda Editor: Alfons Nedabang Sumber: Pos Kupang Ikuti kami di Wanita Ini Temukan Kamera Tersembunyi Berbentuk USB di Toilet Umum, saat Dicek Isinya Mengejutkan! Sumber: Tribun Kupang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »