Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu Ditambah

Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu Ditambah Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu Ditambah Komisi B DPRD Sumba Timur bersama...

Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu Ditambah

Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu Ditambah

Komisi B DPRD Sumba Timur bersama pihak terkait menggelar rapat bersama terkait permintaan penambahan kuota kuda pacu

Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu DitambahPos Kupang/Robert RopoRapat di komisi B DPRD Sumba Timur

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Para pedagang meminta kepada Pordasi Kabupaten Sumba Timur, Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Sumba Timur dan DPRD Sumba Timur agar menambahkan kuota untuk ternak kuda pacu pada tahun 2017 ini.

Permintaan itu disampaikan melalui organisasi Pordasi kabupaten Sumba Timur.

Terkait dengan permintaan penambahan kuota t ernak kuda pacu tersebut pihak Pordasi juga mengajukan permohonan penambahan sebanyak 60 ekor kuda pacu untuk diantarpulaukan pada tahun 2017 ini kepada Pemda setempat dan DPRD Sumba Timur.

Karena itu, pihak komisi B DPRD Sumba Timur menggelar rapat yang berlansung di ruangan Komisi B DPRD setempat, Senin (6/11/2017).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh ketua komisi B Dominggus Kahewamarak.

Hadir dalam rapat itu sejumlah anggota DPRD dari Komisi B, Perwakilan dari Dinas Peternakan kabupaten setempat, Kabid Pengeloaan, pemasaran dan perizinan usaha (P3U) dinas Peternakan, dokter Hewan Manuel Kitu, Perwakilan dari Bagian Ekonomi Setda dan ketua Pordasi Sumba Timur Felix Wongkar.

Dalam kesempatan itu, Felix Wongkar mengatakan permintaan tambahan kuota kuda pacu untuk diantar pulaukan dari pedagang dan peternak kuda pacu, sehingga pihaknya mengajukan kuota tambahan sebanyak 60 ekor kuda pacu.

Wongkar mengatakan, permintaan tambahan kuda pacu tersebut merupakan dampak dari hasil pacuan kuda bupati Cup tahun 2017 yang baru berakhir, Sabtu (4/11/2017) lalu.

Sebab dengan adanya pacuan kuda digelar membawa dampak ekonomi yang begitu besar bagi para petani ternak kuda pacu dan para pedagang sebab nilai jual kuda pacu sangat tinggi hingga mencapai puluhan juta bahakan sampai ratusan juta dan juga didukung dengan permintaan pembeli dari luar pulau Sumba seperti, Bima NTB, Sulawesi, Jawa dan TTU NTT.

Sementara itu ketua komisi B DPRD Sumba Timur, Dominggus Kahawamarak mengatakan, sesuai dengan kuota yang telah disetujui dan ditetapkan pada tahun 2017 ini hanya sebesar 150 ekor kuda pacu untuk bisa diantar pulaukan.

Dominggus mengatakan, meskipun kuota untuk ternak kuda pacu ini tidak berdasarkan SK gubenur NTT dan hanya bisa ditentukan tergantung dari kesepakatan oleh kabupaten sendiri, namun perlu harus dibatasi sebab pihaknya memiliki pertimbangan untuk menjaga populasi kuda pacu.

"Kita tidak semena-me na memberikan kuota yang semau kita meskipun kuota kuda pacu ini tidak berdasarkan SK gubernur hanya tergantung kesepakatan kita di daerah, sehingga kita hanya bisa menyetujui 150 ekor kuda pacu saja tahun 2017 ini. Kalau senaknya kita kasih kuota lama-lama ternak kita habis, padahal Sumba Timur ini terkenal produksi kuda pacu",jelas Dominggus.

Dominggus juga mengatakan, namun atas pertimbangan karena untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, pihak komisi B bersediah untuk memberikan tambahan kuota dalam kurun waktu tiga bulan dari Oktober, November dan Desember 2017 ini, namun masih menunggu untuk kesepakatan bersama di komisi B, sebab pada rapat kali ini bersifat mendadak sehingga tidak semua anggota DPRD komisi B tidak semuanya hadir. (*)

Penulis: Robert Ropo Ed itor: marsel_ali Sumber: Pos Kupang Ikuti kami di Beredar Rekaman 2 Guru di Jambi Berbuat Mesum di Ruang Kelas, Masing-masing Sudah Berkeluarga Sumber: Tribun Kupang

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Bisnis,1,Edukasi,2,Lokal,6,Nasional,1,
ltr
item
Berita 24 Nusa Tenggara Timur: Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu Ditambah
Pedagang Sumba Timur Minta Kuota Kuda Pacu Ditambah
http://cdn2.tstatic.net/kupang/foto/bank/images/komisi_20171106_153123.jpg
Berita 24 Nusa Tenggara Timur
http://www.ntt.berita24.com/2017/11/pedagang-sumba-timur-minta-kuota-kuda_5.html
http://www.ntt.berita24.com/
http://www.ntt.berita24.com/
http://www.ntt.berita24.com/2017/11/pedagang-sumba-timur-minta-kuota-kuda_5.html
true
4832393608846130504
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy